Sabtu, 27 Desember 2014

BONANG, MBONANG



Bonang barung
Bonang penerus
Bonang penembung
Hampir tiap kalangan memiliki seperangkat bonang barung maupun bonang penerus, namun bonang penembung jarang dipunyai kalangan masyarakat umum, kecuali kalangan masyarakat kraton, dan hanya ditemukan dalam perangkat gamelan gaya Yogyakarta.
Sepasang bonang barung dan bonang penerus atau bonang barung (saja) dimiliki hampir setiap kalangan masyarakat tradisi pada umumnya dan masyarakat karawitan Jawa pada khususnya. Kebanyakan bonang barung dimiliki karena sebagai instrumen keras dalam gamelan punya peranan penting (di samping kendang, rebab, dan gender) sebagai pembuka awalan repertoar dan pamurba lagu.
Bonang terdiri dari sepasang 5 pencon* untuk laras slendro,namun kadang ditemukan sepasang 6 pencon untuk laras slendro. Bonang berlaras pelog terdiri dari sepasang 7 pencon, maka tidak mengherankan jika ukuran rancakan (wadah) untuk bonang berlaras pelog lebih panjang daripada rancakan bonang berlaras slendro.
Tabuh atau pemukul bonang disebut Bindi.

Tteknis memainkan bonang dlm karawitan Jawa, umumnya dikenal 3 cara, antara lain:
– Dua nada yg ada pd bonang dipukul secara bersamaan.
– Mipil ato memukul nada-nada pada bonang secara satu per satu.
-Imbal-imbalan.

Teknis pukulan tsb akan diterangkan berikutnya skalian dengan keterangan pola tabuhan baku apa yg dipukulkan pd bonang.. Btw, bonang penembung ga akan dijelaskan lg di tulisan ini krn secara teknis/pola tabuhnya mirip kelompok balungan,, so pd artikel ini difokuskan pd penggunaan teknis pukulan & pola tabuhan bonang barung n’ bonang penerus ya kawan-kawan! ^__^

Pola Tabuhan Bonang

Pada dasarnya pola tabuhan bonang tidak terlepas dari balungan, karena pola tabuhannya terkait dengan balungan. Berikut ini adalah balungan dengan pola tabuhan bonang barung dan bonang penerus. Agar lebih singkat, pola tabuhan bonang disebut juga dengan bonangan.
Balungan :                                   2                   1                        2                     3
Bonang barung:               2         1          2        1            2         3           2         3         (irama I)
Bonang penerus:        2   1     2   .     2   1    2   1      2   3    2    .      2   3    2    3        (irama I)

Bonang barung:          2   1     2   .     2   1    2   1      2   3    2    .      2   3    2    3         (irama II)
Bonang penerus:     2 1 2 .  2 1 2 . 2 1 2 . 2 1 2 1  2 3 2 . 2 3 2 .   2 3 2 .  2 3 2 3        (irama II)

Cara Menabuh Bonang

Secara teknis bonang ditabuh dengan dua tangan. Cara menabuh bonang  dilakukan tiga model; model pertama adalah dua nada ditabuh bersamaan, model kedua adalah beberapa nada pada bonang ditabuh secara satu per satu atau disebut mipil, dan ketiga adalah imbal-imbalan. Berikut ini klasifikasi cara menabuh bonang berdasarkan dua model tersebut:

A.   Dua Nada Ditabuh Bersamaan, macamnya:

Gembyang
Pengertian secara umum (dlm konteks karawitan Jawa), gembyang merupakan dua nada yang terjeda jarak empat nada lainnya. Namun, gembyang untuk hal ini (dlm konteks tabuhan bonang) dapat diartikan juga teknik menabuh bonang dengan dua tangan pada dua nada yang sama secara bersamaan.

Contohnya: nada 2 rendah dg nada 2 tinggi, nada 1 tengah dg nada 1 tinggi, nada 5 rendah dg nada 5 tengah, dsb..

Notasi gembyangan bonang ditulis dengan simbol dua nada (oktafnya) yang terpisah dengan garis miring atau nada yang dicoret. Contoh:     2

Gembyang sendiri punya dua macam yakni:

Gembyang minjal

Gembyang ini biasa diaplikasikan pada gending jenis Lancaran dan gending lain yang sengaja digarap dengan irama lancar.

Contoh:

Balungan :              .    5    .    3       .    5    .    3       .    5    .   3        .    6    .    5

Bonang barung:     3    .    3    .       3    .    3    .       3    .    3    .       5    .    5    .

Gembyang midak

Gembyang ini umumnya diaplikasikan pd bag. Buko & bagian Suwuk gending oleh bonang barung, khususnya pd gending gaya Jogja/Mataraman. Gembyang midak ada 2 model, yaitu gembyang midak lombo n’ dados.

Gembyang gantung

Gembyang ini biasa diaplikasikan jika pada bagian gending terdapat  balungan nada kembar atau nada balungan yg ada unsur nada kembar. Selain itu, garap gembyang gantung ini berkorelasi sama cengkok genderan. Kalo genderannya cengkok gantung, maka bonangannya pun memakai pola gembyang gantung.

Gembyang inipun ada dua model, yaitu gembyang (gantung) lombo dan dados.

Kempyung & Gembyung
Hampir sama dengan gembyang, pengertian secara umum (dlm konteks karawitan Jawa), kempyung merupakan dua nada yang terjeda jarak dua nada lainnya, sedangkan gembyung merupakan dua nada yang terjeda jarak satu nada lainnya. Namun,  untuk  konteks tabuhan bonang dapat diartikan jg teknik menabuh bonang dengan 2 tangan pd 2 nada yang berbeda secara bersamaan.

Amati notasi berikut ini:

2   3   5   6 (kempyung)         3   5   6 (gembyung)

Kempyung dan gembyung jika ditulis dalam notasi bonangan menjadi 2/6 (kempyung) dan 3/6 (gembyung).

Aplikasi pola tabuhnya dalam irama I/irama tanggung:

Kempyung~     2/6    .    2/6    .
Gembyung~    3/6     .    3/6    .

Aplikasi pola tabuhnya dalam irama II/irama dados:

Kempyung~    2   6   2   2/6        .   2/6   .    .

Gembyung~    3   6   3   3/6        .   3/6   .    .

B.    Beberapa Nada Ditabuh Satu per Satu (Mipil), macamnya:

M i p i l
Istilah mipil berasal dari kata pipil yg ditambah sengau ‘m’ sehingga menjadi kata kerja mipil (bhs.Jawa), jika dibahasaindonesiakan, mipil berarti aktivitas mengambil biji jagung satu per satu dari tongkolnya. Analoginya dalam konteks permainan bonang, yaitu pencon pada bonang ditabuh satu per satu.

Macam mipil antara lain:

Mipil lombo, pola mipil ini terjadi pd bonang barung di irama I. Ketika bonang barung mipil lombo, maka pola bonang penerus adalah mipil dados.
Mipil dados, pola mipil ini terjadi pd bonang barung di irama II. Ketika bonang barung mipil dados, maka pola bonang penerus adalah mipil rangkep.
Model mipil lainnya:
- Mbalung, adalah pola tabuhan bonang yang menyerupai pola tabuh balungan.Pola tabuh ini  digunakan jika laya pada gending tiba-tiba seseg dari irama I ke irama lancar.
– Rambatan, adalah pola tabuhan bonang yang mengikuti pola baku dari genderan, yaitu pola rambatan. Rambatan bonangan biasa dilakukan sebelum pola rambatan pada gender.

C.    Imbal-imbalan

Pada artikel ttg Balungan udah dijelasin, bahwa imbal-imbalan adalah pola tabuh yang dilakukan oleh 2 ricikan dari kelompok yg sama, menghasilkan jalinan nada-nada yang membentuk pola yang baku. Pengertian tersebut berlaku jg lo pada bonang di sini, yakni pola tabuhan imbal yang dilakuin sama sepasang bonang, yakni bonang barung dengan bonang penerus. Imbal bonang umumnya terjadi klo pengendang menabuh kendang ciblon. Contoh:

Bonang barung  :     .    1    .     3        .    1    .    3

Bonang penerus :    2   .     5    .         2    .    5    .

Pola tersebut di atas adalah salah satu contoh imbal pada laras slendro manyura & laras slendro Nem atau laras pelog barang & laras pelog Nem (polanya sama tapi nada 1 tinggal diganti nada 7)

Contoh lainnya

Bonang barung  :      .    6    .    2        .    6    .    2

Bonang penerus :     1    .    3   .         1    .    3    .

Pola tersebut di atas adalah salah satu contoh imbal pada laras slendro sanga atau laras pelog limo.

Catatan tambahan:

Cara menabuh atau pola tabuhan bonang penerus tidak jauh berbeda dengan bonang barung, bedanya hanya pada pola tabuhannya yaitu dua kali lipat dari pola tabuh bonang barung jika terjadi di irama I. Pola tabuhan menjadi empat kali lipat dari pola tabuh bonang barung jika terjadi di irama II.



**Kata lombo dan dados di belakang kata mipil sebenarnya terkait pada pola baku permainan gamelan (karawitan Jawa) dalam irama I dan irama II. Jadi, mipil lombo bonang barung dilakukan dalam irama I, dan mipil dados dilakukan dalam irama II. (lihat lagi sub judul Pola Tabuhan Bonang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar